Minggu, 08 Maret 2009

Kantong Penyeka

Pernahkah anda melihat olahragawan yang cedera pada waktu pertandingan atau pada waktu latihan? Biasanya kecelakaan yang terjadi berupa tekanan kuat yang dapat menimbulkan terkilir atau kram pada tangan atau kaki. Kecelakaan tersebut harus segera ditangani, untuk mengurangi rasa sakit atau memar. Biasanya pelatih atau teman mereka menempelkan suatu kantong pada bagian tubuh yang mengalami kecelakaan tersebut. Kantong tersebut biasanya dikenal dengan kantong penyeka.
Kantong penyeka terdiri dari kantong panas dan dingin. Salah satu jenis kantong penyeka adalah yang mengandung senyawa Mg(SO4) dan (NH4NO3). Ketika magnesium ditambahkan ke dalam air, maka akan terbentuk larutan yang dapat membebaskan panas atau terjadi reaksi eksoterm. Sebaliknya, larutan amonium nitrat bersifat endoterm atau pada saat amonium bereasi dengan air, maka akan terbentuk larutan yang menyerap panas. Partikel-partikel dari larutan inilah yang digunakan sebagai kantong pemanas instan dan kantong pendingin instan.
Dalam kantong penyeka ini terdapat sebuah kantong air dan kantong untuk bahan kimia kering, yaitu magnesium sulfat untuk pemanas dan amonium nitrat untuk pendingin. Ketika kantong ditekan, segel pembatas zat padat dengan air akan hancur, dan akan terbentuk larutan yang temperaturnya naik atau turun, tergantung pada bagian kantong mana yang ditekan.
Larutan inilah yang dapat mengurangi rasa sakit atau memar pada olahragawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar