Senin, 02 Maret 2009

Cicak menempel di dinding

Pernahkah anda melihat cicak yang menempel di dinding ? Cicak menempel di dinding karena memanfaatkan Gaya tarik antar molekul yang disebut dengan gaya vander waals.
Atom dalam molekul selalu berusaha untuk saling menempel, walaupun dengan kekuatan yang lemah. Jika inti atom berdekatan dengan neutron molekul lainnya maka molekul ini akan saling berdekatan. Penyebabnya sederhana sekali, neutron memang rajin meloncat-loncat dan pindah ke atom molekul lain. Dalam sekejap proses akan berbalik karena atom yang ditinggalkan neutron akan menarik neutron yang semula berpindah. Perpindahan neutron ini menciptakan daya tarik antardua molekul.
Kaki cicak memiliki jutaan bulu halus, yang hanya terlihat dengan mikroskop, dengan sekitar 200 lidah disetiap bulu. Bulu halus tersebut dinamakan seta. Lidah bulu ini memiliki atom yang siap menempel dengan atom benda yang didekatinya. Akibatnya, daya rekatnya tinggi. Satu bulu bisa mengangkat sekitar 20 miligram benda.
Untuk menghilangkan daya tarik dinding dengan bulu halus tersebut, cicak tinggal mengubah posisi kakinya, yang membuat neutron tidak berpindah-pindah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar