Minggu, 29 Maret 2009

Al-Kimia

alkimia cina
alkimia cina dianggap sebagai salah satu yang tertua. alkimia dari negeri panda ini lebih dititikberatkan pada aspek spiritual dengan mencari cara menuju keabadian (menjadi zhenren – manusia sejati). penggunaan obat (elixir of life) untuk mencapai keabadian ini juga ditemukan dalam literatur india yg diduga ditulis pada sekitar awal tahun 1000 sebelum masehi, atharva-veda. tapi para ahli meragukan kalo alkimia cina bersumber pada alkimia india. kalo pengaruh sih masi mungkin ada. referensi yg sangat berpengaruh pada alkimia cina di antaranya adalah dao de qing karya laozi dan zhou yi san dung qi (semoga aja ejaannya bener)
alkimia cina sangat mempengaruhi perkembangan pengobatan tradisional di sana. pengobatan tidak hanya menggunakan herbal tapi juga mineral. di samping itu juga penerapan yin-yang dan serba lima. serba lima ini antara lain lima unsur: api-air-tanah-logam-kayu, lima arah mata angin: utara-timur-selatan-barat-tengah, lima warna: kuning-biru-merah-putih-hitam, lima logam: emas-perak-timbal-tembaga-besi, lima sila: ... kalo yg ini sih dari indonesia! ga termasuk di sini.
alkimia cina mulai memudar setelah banyak percobaan gagal dalam pencarian elixir of life. malah banyak korban dari kalangan istana dan alkemis akibat keracunan resep mereka sendiri yg ternyata adalah elixir of death. diduga kuat karena banyaknya pemakaian merkuri dan arsenik. pudarnya alkimia di cina juga disebabkan karena masuknya ajaran buddha ke cina, yg menawarkan jalan ke keabadian dengan cara yg lebih aman ketimbang minum sesuatu yg kalo di jaman sekarang kemungkinan besar ga lulus uji toksisitas.

alkimia india
sama seperti alkimia cina, alkimia india juga lebih menitikberatkan pada sistem pengobatan ketimbang mencari cara membuat emas. tidak seperti di cina, alkemis india tidak terlalu fokus ke elixir of life ato cairan untuk hidup abadi tapi lebih menekankan pada pengobatan pada penyakit tertentu dengan tujuan untuk memperpanjang hidup. pustaka yang paling berpengaruh adalah veda.
alkimia india juga mengenal pembagian elemen, cuma rada beda dengan cina: api-angin-air-bumi-angkasa. dikenal pula tentang vitalisme, dualisme cinta-benci atau aksi-reaksi. mereka juga punya enam logam: emas, perak, timah, timbal, besi, dan tembaga. selanjutnya masing-masing masih dibedakan lagi, misalnya lima jenis emas, dst. alkimia india dan cina telah berhasil membuat resep kembang api dan serbuk mesiu 2-5 abad lebih cepat ketimbang eropa.

alkimia helenistik (300 SM – 300 M)
alkimia helenistik berkembang di mesir dengan tokoh utamanya zosimos dari panopolis, synesius, dan democritus. zosimos adalah salah satu penulis kompendia alkimia di byzantium (konstantinopel) pada abad 7-8 SM. pustaka penting lainnya adalah physica et mystica. buku ini berisi resep pembuatan zat warna dan cara pewarnaan, tapi utamanya pada pembuatan emas dan perak.
pada tahun 1828 kumpulan manuskrip papirus purba yang ditulis di yunani dibeli di thebes, mesir, dan setengah abad kemudian diketahui bahwa sebagian isinya sangat mirip dengan physica et mystica. di sini dapat disimpulkan bahwa alkimia helenistik sangat mempengaruhi alkimia yunani.

Alchemy (330) – the study of the composition of waters, movement, growth, embodying and disembodying, drawing the spirits from bodies and bonding the spirits within bodies.

Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Kata alkimia berasal dari Bahasa Arabal-kimiya atau al-khimiya (الكيمياء atau الخيمياء), yang mungkin dibentuk dari partikel al- dan kata Bahasa Yunani khumeia (χυμεία) yang berarti "mencetak bersama", "menuangkan bersama", "melebur", "aloy", dan lain-lain (dari khumatos, "yang dituangkan, batang logam"). Etimologi lain mengaitkan kata ini dengan kata "Al Kemi", yang berarti "Seni Mesir", karena bangsa Mesir Kuno menyebut negerinya "Kemi" dan dipandang sebagai penyihir sakti di seluruh dunia kuno.[http://id.wikipedia.org/wiki/Alkemi]

Alkimia mulai menyebar melalui timur tengah sampai ke eropa, saat itu alkimia sangat dipengaruhi oleh pemikiran barat. Alkimia sangat dipengaruhi oleh ilmuwan-ilmuwan yunani yang menyatakan bahwa materi dapat berubah menjadi material yang lain yang lebih sempurna. Selama 1500 tahun, tradisional alkimia mempelajari tetang materi dan perubahannya. Mereka mencari berbagai cara untuk merubah material yang tidak berharga seperti tembaga menjadi sesuatu yang sangat bernilai seperti emas (transmutasi logam). Hal ini yang menyebabkan para ahli alkimia melukis objek-objek tembaga dengan lapisan emas untuk membodohi para pengikutnya.

Banyak penemuan dalam bidang alkimia yang sangat berarti dalam proses kimia. Destilasi, perkolasi dan ekstrasi adalah beberapa metode penting yang ditemukan dalam perkembangan alkimia.

Alkimia juga mempengaruhi praktek kedokteran di eropa. Sejak abad ke 13, destilasi tanaman herbal telah digunakan untuk pengobatan tradisional. Paracelsus, seorang ahli alkimia dan fisikawan penting dalam sejarah menyatakan bahwa tubuh manusia merupakan suatu sistem kimia yang keseimbangan senyawa di dalamnya dapat digantikan oleh obat-obatan/perawatan kedokteran. Pengikut paracelsus yang kemudian menemukan mineral-drugs pada abad ke 17.

Selain dalam bidang alkimia dan kedokteran, ilmu kimia juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Selama ribuan tahun manusia mencoba untuk mengembangkan teknologi yang dapat menghasilkan perubahan material. Pembuatan tembikar, prose dying dan metalurgi turut memberikan pengaruh terhadap pemikiran tentang perubahan material. Pada abad pertengahan, teknologi pembuatan tepung, metalurgi, dan geologi mulai didokumenkan. Banyak buku-buku yang menjelaskan tentang metode pemurnian, assay dan penggunaan timbangan.

Referensi:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Alkemi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar