Minggu, 23 Mei 2010

Ikatan Hidrogen

Kalau menurut besarnya Mr, diantara senyawa HF, HCl, HBr, dan HI senyawa mana yang paling tinggi titik didihnya, bagaimana urutannya ? Memang seharusnya HI mempunyai titik didih yang paling tinggi dan urutan kenaikan titik didih berdasarkan Mr adalah HI>HBr>HCl>HF. Tetapi ternyata tidak demikian. Pada kenyataannya urutan titik didihnya adalah: HF>HI>HBr>HCl.
Begitu juga pada H2O yang seharusnya mempunyai titik didih lebih kecil dibanding H2S, H2Se dan H2Te, ternyata H2O mempunyai titik didih paling tinggi. Begitu juga dengan NH3 dibanding PH3, AsH3 dan SbH3. Apa yang terjadi dengan HF, H2O dan NH3..? Pada HF, H2O dan NH3 terdapat ikatan Hidrogen.
Ikatan Hidrogen adalah ikatan yang terbentuk antara molekul-molekul yang sangat polar dan mengandung ikatan Hidrogen. Kutub positif pada kedudukan H berikatan dengan kutub negatif pada kedudukan atom yang keelektronegatifannya besar, seperti atom flour, oksigen dan nitrogen. Pada molekul HF ujung molekul pada atom H lebih bermuatan positif dan ujung molekul pada atom F lebih bermuatan negatif. Jadi antara atom H pada molekul pertama dengan atom F pada molekul berikutnya terjadi gaya tarik menarik yang cukup kuat, yang disebut dengan ikatan hidrogen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar