Sabtu, 08 Mei 2010

Gaya London

Pernahkah mendengar neon mencair..? mengapa gas neon bisa dicairkan..? pada suhu yang sangat rendah dan tekanan yang sangat tinggi, atom-atom neon akan seling berdekatan sehingga kestabilan elektronnya akan terganggu. Hal ini mengakibatkan dalam atom neon terbentuk dua kutub (dipol) antara molekul yang sama. Kemudian antara dipol mengadakan ikatan, sehingga gas neon berubah menjadi neon cair karena adanya gaya tarik antar molekul.
Hal yang sama terjadi juga pada gas mulia lainnya dan pada molekul diatomik atau pada molekul yang mempunyai perbedaan keelektronegatifan nol. Dipol ini bersifat sementara, karena elektron selalu bergerak dalam orbital sehingga pada saat berikutnya dipol itu hilang. Dipol ini disebut dipol sesaat.
Dipol sesaat dikemukakan oleh seorang ahli dari jerman bernama F. London. Oleh karena itu, gaya yang ditimbulkan oleh ikatan dipol sesaat disebut dengan gaya london. Ikatan dipol sesaat sangat lemah, tetapi ikatannya akan bertambah kuat dengan bertambahnya elektron. sehingga titik didih makin tinggi. Mudah tidaknya suatu molekul membentuk dipol sesaat dinamakan Polarisabilitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar